Ultimate magazine theme for WordPress.

200 Qori-Qoriah Ikuti Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Bukit Intan

0

Sebanyak 200 peserta qori-qoriah mengikuti lomba MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) tingkat Kecamatan Bukit Intan, Selasa (18/2/2020) malam, di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan.
MTQ ini berlangsung pada tanggal 18-21 Februari, dengan mempertandingkan tujuh cabang, diantaranya cbang tartil dan tilawah, fahmil Al-Quran maupun tafsir.
Camat Bukit Intan, Efran, mengatakan, MTQ yang diadakan rutin setahun sekali ini dilakukan untuk memupuk semangat dan silaturahmi sesama manusia.
Dia juga menuturkan, pentingnya pemahaman mengenai Al-Quran untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat di lingkungan keluarga dan masyarakat.
“Harapannya dengab berlangsungnya MTQ ini kita sama-sama mendapatkan nilai ibadah,” ucap Efran.
Dia mengatakan, anak-anak sebagai miniatur bangsa diharapjan dapat menanamkan cinta dan minat baca Al-Quran sedari dini.
Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, dengan informasi yang tidak bisa dibendung, tentu perlu pegangan nilai-nilai yang tercantum dalam Al-Quran.
Dia menambah, pemahaman terhadap Al-Quran bukan hanya semata dibaca, tetapi dimaknai dalam kehidupaan sehari-hari.
Dia juga berharap para orang tua dapat mendidik anak sebagai generasi muda yang cinta terhada Al-Quran.
“Peran orang tua juga sangat menentukan bentuk anak tersebut. Terutama lingkungan akan mempengaruhi psikologis anak,” tambahnya.
Dalam kesempatan itu pun, Efran juga mengapresiasi pengurus masjid yang telah menyiapkan acara ini sejak satu bulan terakhir.
Menurutnya, warga Kecamatan Bukit Intan begitu antusias dengan penyelenggaraan MTQ ini.
Efran mengatakan, menang dan kalah dalam perlombaan merupakan hal yang biasa, namun memaknai substansi yang ada didalam lomba ini lah yang penting.
Terutama dengan sering membaca Al-Quran, nilai yang terkandung didalamnya dapat diaplikasikan ke kehidupan.
Sementara itu, pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Bukit Intan ini ditandai dengan sambutan Staf Ahli bidang Keuangan, Ekonomi dan Pembangunan Setdako Pangkalpinang, Sarbini dan diakhiri dengan pemukulan bedug.
Sarbini juga turut mengapresiasi antusias masyarakat mengikuti acara ini. Dia mengatakan, melalui lomba MTQ dapat menanamkan rasa cinta kepada Al-Quran. Turut membaca, mengikuti dan belajar sebaik-baiknya.
Sarbini juga mengajak warga untuk beramai-ramai memeriahkan lomba yang berlangsung selama tiga hari ini.
Dia berharap keberkahan dan kecintaan umat muslim terhadap Al-Quran dapat semakin ditingkatkan.
“Al-Quran jadi bagian dari hidup kita dan diharapkan selalu jadi pedoman. Ayo kita ramaikan acara ini sampai selesai pelaksanaannya,” seru Sarbini.

Sumber : Bangka Pos

Leave A Reply

Your email address will not be published.